Pekerjaan Sampingan GTT / PTT di Era Melenial

Pekerjaan Sampingan GTT / PTT di era melenial

Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan salah satu impian bagi sebagian banyak orang terutama bagi Guru Tidak Tetap (GTT) / Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Instansi Pemerintah. PNS menjadi pekerjaan primadona karena dengan menjadi PNS seseorang akan mendapatkan berbagai fasilitas diantaranya gaji tetap, tunjangan kesehatan, tunjungan keluarga, tunjangan sertifikasi bagi guru, uang pesiunan dan tunjangan tunjangan lainnya. Tetapi untuk menjadi PNS dimasa sekarang sudah tidak mudah lagi, berbagai aturan pemerintah yang sering berganti dari masa kemasa berakibat pada GTT/ PTT tidak memiliki kepastian, kalau dulu pengabdian yang dilakukan diinstansi pemerintah diakui dan setelah memenuhi ambang batas tertentu diangkat jadi PNS.

Saat ini untuk menjadi GTT/PTT di instansi pemerintah termasuk sulit, bahkan ada aturan dari kementerian pendidikan jika tidak boleh merekrut GTT/PTT baru. GTT/PTT di istansi pemerintahan saat ini pun mendapatkan gaji yang tidak seberapa bahkan ada yang berbayar Rp. 200.000 perbulan untuk mengajar, jauh dari kata cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga bagi GTT/PTT yang sudah berkeluarga. Pekerjaan sampingan merupakan hal yang wajib dilakukan untuk memenuhi kewajiban para GTT/PTT yang berkeinginan kehidupannya bisa tercukupi. Disini penulis akan meringkas beberapa pekerjaan yang cocok bagi GTT/PTT di era melenial yang tidak mengganggu pekerjaan utamanya sebagai guru/pegawai di kantor. Pada tulisan ini juga saya berikan beberapa contoh pelaku pekerja sampingan di era melenial.

  1. Blogger

Blogger adalah seseorang seseorang yang melakukan kegiatan tulis menulis di dunia maya. Seorang guru atau pegawai bisa menuliskan berbagai topik yang sekiranya banyak diminati orang untuk dibaca, seorang blogger mempunyai keleluasaan dalam menuliskan kreatifitasnya, dan ketika tulisannya banyak yang membaca disitulah dimulai pundi-pundi rupiah mulai mendatangi seorang blogger, tetapi ya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di google edsense. Salah satu contoh guru yang menekuni blogger yaitu guru muda mas Varizal Amir, S.Pd  dengan alamat blognya www.teraa.net beliau sudah menekuni menulis di blog ini belum terlalu lama mulai tahun 2013, uang yang di dapatkan dari pekerjaan sampingan ini cukup lumayan, bahkan terkadang lebih banyak dari gaji mengajarnya, mas varizal ini setiap bulannya minimal mendapatkan 100 dolar, beliau juga pernah mendapatkan 826 dolar dalam satu bulan tinggal mengalikan saja berapa kurs dolar dengan rupiah, mengiurkan bukan.

  1. Youtuber

Seorang creator youtube harus memiliki kreativitas dan bisa melihat peluang-peluang  apa saja yang perlu disampaikan agar banyak orang melihat hasil karyanya tersebut. Ketika banyak orang melihat hasil karyanya maka youtube akan membagi hasil biaya pengiklanan yang dilakukan oleh youtube. Di dunia entertaiment ada Atta Halilintar sebagai youtuber terkenal, dengan berbagai keunikkannya. Tetapi penulis tidak membahas Atta Halilintar, melainkan seorang pengajar dari UNNES bernama Mas Irkhamudin karena hobi berbagi informasi yang dibutuhkan orang banyak, dengan memberikan informasi-informasi penting tentang CPNS 2018, dia bisa mendapatkan subscriber lebih dari 5.000 subcriber dengan menggunakan chanel youtube Irkamudin Pandhawa, dari hasil kreativitasnya ini dia bisa mendapatkan uang tambahan untuk kegiatan sehari-hari.

  1. Arsitek

Arsitek adalah seorang ahli dibidang ilmu arsitektur, ahli rancang bangun atau ahli lingkungan binaan. Profesi ini bisa dilakukan setelah pulang mengajar, tetapi pada pekerjaan arsitek ini seseorang harus punya keahlian dibidang tersebut. Salah satu contoh Mas M. Rega Arief Budiarta, S.Pd salah satu lulusan dari Universitas Negeri di Jawa timur ini mengajar sambil menjalankan usahanya dirumah mulai tahun 2016 sampai dengan sekarang, sekarang usahanya tersebut telah berkembang dan bisa memperkerjakan 2 alumni siswa didiknya untuk bekerja bersamanya. Mas rega  mendapatkan tugas sebagai pengawasan dan perencanaan yang akan dikerjakan pelaksana proyek. Gaji dari pekerjaan sampingannya jauh lebih banyak dibandingkan gaji mengajarnya, tetapi dia tetap tidak mau keluar dari jabatan guru karena dia berkeinginan membagikan ilmu yang diperoleh di universitas untuk anak didiknya.

  1. IT Development

Merupakan pengembang IT yang sedang berkembang saat ini, seperti pembuatan web site, aplikasi android, pembuatan program-program lainnya. Dengan  IT Develoment ini seseorang bisa bekerja dengan paruh waktu, tanpa harus meninggalkan pekerjaan utamanya. Seperti hal nya mas Erik Santosa, pria kelahiran Gunung kidul Jogjakarta ini, dia juga sebagai pegawai di salah satu intansi pemerintah di Daerah DIY, dia  memiliki usaha pembuatan website, yang semula sekedar hobi menggambar dia kembangkan dipembuatan web site dengan tampilan sangat menarik, dari keahliannya dia mampu membawa nama baik sekolah yang di tempati  bekerja mendapatkan penghargaan  tingkat Nasional versi Amikom Compotitition  (AMICTA) 2011. Dari kemampuanya itu juga mas erik terus mengembangkan usahanya dibidang pembuatan web site dan pembuatan program lainnya dengan memiliki 2 pegawai untuk membantu dia bekerja. Pendapatan yang ia terima dari pekerjaan sampingan ini cukup lumayan bagus, dapat digunakan tambahan pemenuhan kebutuhan sehari-hari dalam keluarga kecilnya, jika pembaca berminat membuat web site untuk diri sendiri atau instansi bisa melihat contoh-contoh produknya di alamat www.watulintang.com .

  1. Dropshipper atau reseller

Dropshipe adalah sebuah metode jual beli online dimana penjual tidak melakukan stok barang atau proses pengiriman, sedangkan reseller  adalah menjual kembali suatu produk yang dilakukan oleh penjual setelah penjual tersebut membelinya. Dua istilah diatas sering dijalankan secara online, dan teknik penjualan seperti ini banyak diminati banyak orang, karena tidak terlalu banyak modal bahkan bisa dikatakan tidak modal untuk melakukan usaha ini, hanya diperlukan smartphone untuk promosi dan memiliki nomor rekening untuk bertransaksi ketika ada pembeli. Disalah salah satu SMK Trenggalek juga ada seorang guru yang menekuni jual beli seperti ini,  yang berawal dari hoby berdangang  dan juga untuk mencari tambahan penghasilan dia sekarang sudah bisa mendapat penghasilan yang cukup memuaskan dibandingkan dengan gaji mengajarnya, dia adalah Dyan Wahyu Fanani, S.Pd dia mengisi waktu luangnya untuk berjualan secara online,  banyak pelanggannya dari berbagai daerah di pulau Jawa, Sulawesi dan daerah lain-lainnya, menurut dia berjualan itu perlu jaringan yang banyak, jika anda berminat untuk bergabung atau bertanya-tanya tentang usahanya atau membeli produk-produknya anda bisa menghubungi langsung lewat www.facebook/dyanwahyufanani , Whatshap dan Telegram 082291144517, dan IG www.instagram.com/rumahrayya9 .

  1. Desain Grafis

Pekerjaan ini berkecimpung dunia desain, anda jika memiliki kemampuan dibidang desain grafis lebih baik diasah untuk dikembangkan pada usaha yang  selaras dengan lingkungan sekitar anda. Seperti halnya mbak Wahyu Try Wulansari, S.Pd ini merupakan seorang guru produktif RPL SMK di Trenggalek dia selain mengajar dia membuka usaha desain grafis dan percetakan undangan. Dengan waktu yang dimiliki setelah mengajar dia merintis usahanya di desa Kedungsigit kecamatan Karangan Kab. Trenggalek dengan promosi melalui social media dan juga face to face. usaha mbak wulan dapat berkembang dengan baik. Dari hasil desain dan percetakannya tersebut dia mampu mencukupi kebutuhan-kebutuhan seharinya, anda juga bisa melihat hasil karyanya melalui Instagram deframe_concept

  1. Pre Order

Pre order adalah sistem pembelian barang dengan memesan dan membayar terlebih dahulu diawal, dengan masa tenggang waktu tunggu kedatangan barang. Ini cocok bagi pembaca yang memiliki keterampilan, salah satu contoh memiliki ketrampilan memasak, membuat kue, membuat dekorasi atau ketrampilan yang lain dari kerterampilan yang dia miliki dibuat satu produk sebagai sampel, dari sampel itu bisa dipasarkan langsung atau di foto dulu untuk dibagikan di social media atau melalui online shop setelah ada pembeli baru penjual membuatkan pesanannya sesuai dengan ordrean yang di pesannya. Dwi Kalaminasih,S.Pd salah satu contoh wirausahawan muda yang memiliki tekad yang kuat dalam mengembangan usaha yang dia geluti, dia setiap ada waktu luang disela-sela mengajar selalu berusaha untuk memanfaatkan waktunya untuk memasarkan produk-produk makanan dan snacknya kepada teman-teman di kantor atau pun di sosial media yang dia punya. Dari kerja keras dan kreatifitasnya itu dia mampu mengambangkan usahanya hingga jadi sebuah kios yang buka pada sore hari hingga malam hari, wanita satu anak ini memiliki impian yang besar di balik kesibukannya mengajar disalah satu SMK di Trenggalek, pembaca juga bisa bekerja sama atau membeli produk-produk yang telah dibuat oleh mbak Dwi Kalaminasih di instagram sweetchef_iwangasih

Dari bebera pekerjaan yang bisa di jalankan sambil bekerja sebagai GTT/PTT di atas pembaca bisa memilah dan memilih jenis pekerjaan apa yang anda senangi, karena rasa senang itu modal awal dalam melakukan pekerjaan, apalagi pekerjaan yang anda lakukan ini merupakan pekerjaan sampingan setelah bekerja di kantor yang notabene sudah merasa capek. Para pembaca yang berkeinginan untuk mendapatkan pekerjaan sampingan yang sesuai dengan keahlian dari diantara 7 pekerjaan itu bisa langsung menghubungi orang-orang bersangkutan untuk diajak bekerja sama atau jika berminat dengan produk atau kontennya silahkan dipesan melalui link yang sudah saya lampirkan. Semoga pekerjaan yang kita lakukan selama ini dihitung sebagai ibadah dan menjadi amal baik kita semua, Salam hangat dari sahabatcerdas.com




Artikel Terkait

Facebook Comment